اغتنام خيرات شهر رجب

 

كيف ينبغي أن يكون حال المسلم ليدرك فضيلة شهر رجب؟

Bagaimana Seharusnya Keadaan Seorang Muslim Untuk Mendapatkan Keutamaan Bulan Rajab?

Oleh: Guru Mulia Habib Umar bin Muhammad bin Salim حفظه الله

 

- يغتنم المسلم فضيلة هذا الشهر الكريم بعدة أمور، من أهمها:

Hendaklah seorang Muslim itu menjaga secara maksimal keutamaan bulan ini (yakni bulan Rajab) dengan mengerjakan beberapa perkara. Di antara yang paling penting adalah:

 

1- كثرة الاستغفار وتحقيق التوبة النصوح.

Memperbanyak beristighfar dan mewujudkan taubat nashuha (taubat yang bersungguh-sungguh)

 

2- العزم الصادق في الإقبال على الله بفعل الطاعات، وترك المعاصي والمخالفات.

Niat yang benar (jujur) menuju kepada Allah dengan mengerjakan keta’atan-keta’atan dan meninggalkan kemaksiatan dan pelanggaran-pelanggaran syariat

 

3- النظر في أحواله وإصلاحها وإقامتها على منهج المتابعة للنبي محمد صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم.

Memeriksa kembali keadaan dirinya, memperbaikinyandan menempatkannya dalam peneladanan kepada Nabi صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم

 

4- تفقُّد شأنه في الفرائض وكيفية أدائها وسننها ورواتبها وحضور القلب فيها.

Memperhatikan perkara dirinya dalam shalat fardhu dan pelaksanaanya sesuai dengan tuntunan syariat, memelihara sunah-sunahnya, qobliyah dan badiyahnya serta menghadirkan hati dalam mengerjakannya (yakni khusyu’).

 

5- الحرص على الصف الأول في الجماعة، والحرص على التكبيرة الأولى مع الإمام فلا تفوته.

Mendisiplinkan diri untuk sholat berjamaah di shaf pertama dan mendapati takbiratul ihram bersama Imam dan jangan sampai tertinggal darinya

 

6- أن يتفقد نفسه في القرآن ونصيبه من تلاوته وتدبره، والحرص على العمل بما فيه.

Memeriksa kembali hubungannya dengan Al-Quran, porsinya dalam membacanya, merenungi maknanya serta berusaha dengan gigih untuk mengamalkan kandungannya.

 

7- المحافظة على الأذكار في الصباح والمساء وبعد الصلوات، وفي الأحوال المختلفة.

Memelihara dzikir-dzikir di pagi dan sore hari, setelah sholat dan dalam setiap kondisi dan keadaan

 

8- أن يتفقَّد نفسه في المعاملة مع الأهل والأصحاب والأصدقاء والأقارب والجيران، ومع عامة الخلق وخاصتهم.

Memperhatikan interaksi dirinya dengan keluarga, sahabat, teman, kerabat, tetangga dan kepada seluruh manusia baik dari kalangan umum atau kalangan khusus.

 

9- صيام ما تيسر من أيام الشهر، وخصوصا الاثنين والخميس والأيام البيض.

Mengkhususkan beberapa hari dalam sebulan untuk berpuasa, khususnya di hari senin, kamis dan ayyamul bidh (tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan hijriyah)

 

10- أن يكون له نصيب من الصدقات والتفقُّد للفقراء والمساكين، والإحسان إليهم.

Memiliki porsi sedekah dan memperhatikan kondisi fakir miskin dan berbuat baik kepada mereka

 

11- اغتنام هذه الليالي في العبادة، خصوصا وقت السحر، فينبغي في مثل هذا الشهر أن يكون له حال حسن في المعاملة مع السحر، ليدخل في دائرة من أثنى عليهم الرب الأكبر في القرآن بالاستغفار في الأسحار، قال تعالى ( وبالأسحار هم يستغفرون) وقال سبحانه وتعالى: ( والمنفقين والمستغفرين بالأسحار ) وقال تعالى ( إنهم كانوا قبل ذلك محسنين كانوا قليلا من الليل ما يهجعون وبالأسحار هم يستغفرون ).

Menjaga malam-malam bulan ini dengan ibadah (khususnya di sepertiga akhir malam), memiliki keadaan yang baik dengan waktu-waktu tersebut terlebih di bulan mulia ini agar masuk ke dalam lingkaran dan golongan orang yang dipuji oleh Allah di dalam Al-quran sebagai pribadi-pribadi yang senang beristighfar di sepertiga malam terakhir, Allah Ta’ala berfirman:

وَبِٱلْأَسْحَارِ‌ هُمْ يَسْتَغْفِرُ‌ونَ

Maksudnya: Dan pada waktu sahur (yakni akhir malam, sebelum fajar) mereka selalu beristighfar kepada Allah (memohon ampun). – (Adh-Dhariyat: 18)

 

Dan Allah SWT berfirman:

وَٱلْقَـنِتِينَ وَٱلْمُنفِقِينَ وَٱلْمُسْتَغْفِرِ‌ينَ بِٱلْأَسْحَارِ‌

Maksudnya: “Dan orang-orang yang giat beribadah dan menginfakkan hartanya (pada jalan Allah), dan orang-orang yang beristighfar (memohon ampun) pada waktu sahur”.(Aali ‘Imran: 17)

dan firman Allah:

 

كَانُوا۟ قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ ﴿١٦﴾ كَانُوا۟ قَلِيلًا مِّنَ ٱلَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ ﴿١٧﴾ وَبِٱلْأَسْحَارِ‌ هُمْ يَسْتَغْفِرُ‌ونَ

Maksudnya: Sesungguhnya mereka di dunia dahulu adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Mereka adalah orang-orang yang sedikit tidur. Dan pada waktu sahur (yakni akhir malam, sebelum fajar)mereka selalu beristighfar kepada Allah (memohon ampun). – (Adh-Dhariyat: 16 – 18)

نسأل الله أن يوفر حظنا من هذه الليالي وهذا الشهر، وأن يجعلنا من المقبولين المسعودين في الدنيا والآخرة. اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان وأعِنا على الصيام والقيام.

Kita memohon kepada Allah SWT semoga Ia melimpahkan jatah kita dari keberkahan malam-malam ini, dan menjadikan kita termasuk golongan yang di terima amal ibadahnya, dibahagiakan keadaannya, di dunia dan akhirat. Yaa Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan syaban dan sampaikanlah kami ke bulan ramadhan, dan bantulah kami untuk melaksanakan puasa dan menghidupi malam dengan ibadah.

 

تاريخ النشر الهجري

11 رَجب 1444

تاريخ النشر الميلادي

01 فبراير 2023

مشاركة

اضافة إلى المفضلة

كتابة فائدة متعلقة بالمادة

العربية