حلقة نقاش علمية بعنوان مذاكرة بين العلماء والأمراء (Terjemah)

 

بحضور ومشاركة رئيس وزراء ماليزيا أنور إبراهيم، والشيخ الدكتور علي جمعة عضو هيئة كبار علماء الأزهر الشريف ومفتي الديار المصرية السابق، والعلامة الحبيب عمر بن حفيظ، وعدد من المسؤولين والعلماء.

وفي اللقاء تحدث الحبيب عمر عن معاني "بلدة طيّبة وربٌّ غفور"، وذكر صفات الأمير الصالح، ومنها أن يكون صاحب عقل وحِكمة، وأشار إلى حِكمة النجاشي وما قال فيه النبي صلى الله عليه وسلم بأنه مَلِك لا يُظلَم عنده أحد، كما بيّن أن أساس إقامة البلدة الطيبة هو التعاون بين العلماء والأمراء، وذلك بأن يُخلّون أنفسهم عن شر الأنفس و مراداتها وهواها ومصالحهم الشخصية، ويجعلون رِضا الله مُقدّم على كل شيء، مُتّبعين قول النبي عليه الصلاة والسلام: (إن لم يكن بك علي غضبٌ فلا أبالي).

وسُئِل في اللقاء عن تفشّي سوء الخلق، وعدم وجود المُعين في حسن الأخلاق حتى على مستوى العلماء ومستوى الوزراء، فذكر عدة أمور منها:

  •  إهمال التربية في الأسرة والناشئين.
  •  نحن فسحنا المجال لغير المسلمين من قُدوات لا قِيم لها، فضاع الأدب مع الخالق، فكيف يكون الأدب مع الخَلق!
  •  عدم الاكتراث بأصل الهدف من خلق الانسان وعبوديته للخالق وما يكون به حقائق سعادته.
  •  يجب علينا المواصلة والثبات بالعمل والأخلاق الحسنة، وأن لا نتنازل عن قيمنا.

ظهر الخميس 5 ذو القعدة 1444هـ

25 مايو 2023م

في العاصمة الماليزية كوالالمبور

Halaqah Diskusi Ilmiah dengan tema: "Mudzakarah antara ulama dan Umara":

Yang dihadiri dan disertai oleh perdana menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Syaikh Dr. Ali Jum'ah anggota komite pembesar ulama Al Azhar dan Mufti negara Mesir yang lalu, dan Al 'Alamah Al Habib Umar bin Hafidz serta beberapa ulama dan Umara lainnya.

Dalam perjumpaan kali ini Al Habib Umar menjelaskan tentang makna slogan ayat _"Baldatun Thoyyibah wa Rabbun Ghafur"_ (Negeri yang makmur dan Tuhan yang maha pengampun), beliau menjelaskan sifat-sifat pemimpin yang saleh yang diantaranya adalah: pemimpin tersebut memiliki akal tajam dan hikmah (kebijaksanaan), seraya memberikan contoh dari hikmah Raja An-najasyi dan sabda nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, bahwasanya raja ini tidak ada yang dizalimi di negaranya satu orang-pun. Juga Al Habib Umar menjelaskan bahwasanya pondasi dari pembangunan suatu negara yang makmur ialah kolaborasi dan persatuan antara ulama dan umara, dengan cara mereka menetralkan diri mereka dari keburukan hawa nafsu, ambisinya, dan kepentingan pribadi. Mereka menjadikan ridho Allah adalah target utama di atas segalanya seraya meneladani sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam "Wahai Allah, selama dirimu tidak murka kepadaku maka aku tidak peduli".

Beliau juga ditanya di dalam sesi tanya jawab tentang maraknya kekurangan akhlak dan ketiadaannya teman yang membantu di dalam mewujudkannya bahkan di level para ulama dan umaro. 

Beliau pun menjawab dengan beberapa faktor diantaranya:

  •  Minimnya tarbiyah dan pendidikan di dalam rumah tangga dan di level anak-anak.

  •  Kita telah banyak memberikan ruang kepada non muslim untuk memunculkan idola idola yang tidak memiliki nilai luhur, yang menimbulkan kehilangan adab terhadap Allah apalagi terhadap sesama makhluk!

  •  Ketidakpedulian dengan tujuan utama dari penciptaan manusia dan penghambaannya kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan sarana kebahagiaannya.

  •  Wajib bagi kita untuk terus terhubung dan kokoh di dalam amal saleh, akhlak yang baik, dan tidak melepas nilai-nilai mulai yang kita miliki.

Dzuhur Kamis, 5 Dzulqo'dah 1444 H, 25 Mei 2023 M,

Kuala lumpur, Malaysia

ألبوم الصور:

 

 

 

 

تاريخ النشر الهجري

07 ذو القِعدة 1444

تاريخ النشر الميلادي

26 مايو 2023

مشاركة

اضافة إلى المفضلة

كتابة فائدة متعلقة بالمادة

آخر الأخبار